Sunday, August 10, 2003

Kali ini ke India

Perjalanan aku kali ini ke negera India, negara yang eksotis, memang negeri yang sangat berbeda. Kamu akan merasakan tidak hanya telah melampaui batasan-batasan geografis, tapi juga telah melangkahi dimensi waktu. Rasanya seperti berada kembali di masa lampau meskipun menyadari tetap berpijak di masa kini.

Dalam gua-gua di Madhya Pradesh pernah tersembunyi lukisan – lukisan dinding berusia 2000 tahun mencerminkan kecermalangan artistic yang sangat langka.

Seorang arsitek di abad ke 20 Le Corbusier membangun Chandigarh, sebuah kota Punjab baru yang utuh di dataran tinggi

Sebuah liburan musim dingin dapat berarti olahraga ski di Gulmarg atau Kufri. Tapi bisa juga berarti bermandi sinar surya di Goa atau Kovalam, menjelajahi kuil – kuil di Bhubaneswar atau Maduraidan juga mengagumi Istana Taj Mahal di Agra, arsitek yang merancangnya di potong tangganya oleh raja masa itu, supaya dia tidak bisa lagi membuat seindah Taj Mahal!!!

Sebuah liburan musim panas dapat membawa anda ke daerah yang menimbulkan suasana misterius karena serba gersang seperti di bulan yang terletak di Ladakh, membawa kamu ke tempat – tempat peristirahatan di daerah Blue Mountains.

Jika kamu berkesempatan ke India, kamu melihat bentuk lain dari negeri demokrasi, apa yang terpikirkan tentang Indonesia?? Negara Indonesia banyak mempunyai daerah menawan, mempunyai sumber budaya yang beraneka ragam, kalau saja orang Indonesia dapat menyadari ……… aku bangga jadi anak Indonesia……..

Negara Indonesia harus lebih maju!!!